Monday 6 February 2012

Antivirus Avira


Seorang teman meminta saya untuk men-downlod-kan sebuah antivirus gratis namun dia lupa namanya. Dia hanya mengatakan logonya adalah sebuah gambar payung berwarna merah. Karena program antivirus saya bukanlah berlogo payung merah terpaksa saya mencarinya, ternyata antivirus itu adalah Avira.
Penggunaan payung merah adalah sebuah logo yang sangat lucu menurut saya untuk sebuah antivirus namun memang terkesan sangat unik
. Saya sempat kurang suka dengan Avira karena tampilannya yang kurang bagus dan tidak reliable. Namun setelah mencobanya secara mendalam saya sedikit keliru mengenai Avira.
Berdasarkan hasil uji coba saya Avira adalah sebuah aplikasi antivirus yang sangat ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan beban CPU yang sangat rendah, ini bisa menandakan sesuatu yang bagus namun bisa jadi juga buruk. Bisa jadi Avira tidak melakukan scanning virus menggunakan metode background process yang umumnya digunakan oleh antivirus lain atau memang Avira sangat baik menyelipkan kode program ke mana yang saya kurang tahu sehingga penggunaan memori bisa sangat ringan.
Avira sangat baik digunakan untuk komputer yang masih menjalankan sistem operasi Windows 98 atau sistem operasi lain yang masih terbatas penggunaan sumber dayanya (limited resources).
Saya selalu percaya bahwa bahwa program antivirus yang baik adalah tidak berbeda dari keinginan kita itu sendiri yaitu mampu menangani program-program aneh yang tak dikenal atau tidak kita inginkan hadir di komputer kita. Idealisme lain adalah sebuah antivirus yang baik akan selalu berhubungan dengan ofisial website-nya guna melakukan perbaruan (update) terhadap sebuah virus baru maupun fitur terbaru dan perbaikan dari adanya cacat program (bug). Apabila ofisial website antivirus tersebut tidak menyediakan update, maka situs-situs Torrent adalah pilihan terakhir untuk melakukan perbaruan.

Fitur Avira

  • Avira menawarkan cara yang cukup baik dalam mengenali sebuah virus-virus dan variannya, trojan, program backdoor dan worm serta lainnya.
  • Proses perbaruan yang otomatis dan cukup ringan untuk memperbarui software Avira itu sendiri, jumlah virus terbaru dan variannya.
  • Sistem proteksi virus yang permanen yaitu melalui fitur Virus Guard yang secara real time memonitor aktivitas komputer Anda.
  • Pengaturan otomatis untuk melakukan perbaruan terhadap software Avira dan melakukan pencarian virus yang dapat dilakukan menggunakan jadwal tertentu.
  • Dukungan teknis bisa didapatkan melalui forum diskusi dan telepon. Untuk belajar dasar-dasar penggunaan dan pengatahuan dasar mengenai virus bisa ditemukan dengan mudah melalui websitenya.
  • Apabila virus ditemukan maka Avira dapat secara otomatis menghapus dan menyembuhkan file yang terinfeksi.
  • Avira menggunakan engine yang bersifat modular, artinya bisa selalu diperbaiki, diperbarui dan ditambahkan dikemudian hari untuk versi selanjutnya. Hal ini sangat baik dan berguna bagi sebuah antivirus untuk meningkatkan performa dan metode pencariannya.
  • Avira menggunakan metode yang aman dalam menemukan sebuah virus dalam sebuah file penting guna menunjang kemanan dari sistem operasi komputer yang Anda gunakan.
  • Fitur lain yang cukup bermanfaat adalah sistem deteksi otomatis setiap kamu men-download e-mail ke komputer kamu melalui program e-mail klien seperti Outlook Express.
  • Mendeteksi trojan menggunakan cara heuristic dan bukan menggunakan metode virus definition. Cara virus definition sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi digunakan oleh program antivirus saat ini karena lemahnya sistem tersebut yang hanya mengandalkan daftar virus-virus yang pernah ditemukan.

Kesimpulan Akhir

  • Keunggulan: kecepatan deteksi virus sangat cepat dan ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan CPU.
  • Kelemahan: kecepatan untuk update sangalah lambat, membutuhkan waktu setidaknya 2 (dua) jam dan munculnya “Nagware” yang selalu menanyakan Anda apabila ingin upgrade ke versi retail.

Free Buat Pengguna Personal

untuk menggunakan produk ini anda bisa download di situsnya,
Ada 3 pilihah untuk pengguna personal :
  1. Avira AntiVir Personal – FREE Antivirus
  2. Avira AntiVir Premium
  3. Avira Premium Security Suite
Untuk yang free kita pilih option yang pertama, anda bisa langsung di download avira dari situs utama download.com. sampai artikel ini ditulis, tersedia dua mirror alternatif untuk download, jika yang lain down bisa coba yang satunnya di tucows download (Avira AntiVir Personal – FREE Antivirus 7.06.00.270) atau di softpedia.com (Avira AntiVir Personal 8.1.00.460 / 7.06.00.270) dengan ukuran filenya sekitar 21 MB.
avira download 350x233
Instalasinya cukup mudah, tinggal dijalankan file aplikasinya dobel klik “antivir_workstation_winu_en_h.exe” ikuti step by stepnya.
file avira 350x142
Sedangkan untuk manual update filenya bisa anda download lewat alamat website disini atau langsung anda download lewat alamat ini.
Setelah terinstal didalam komputer kita, Icon avira antivirus akan muncul pada tray bar komputer kita dengan tanda “payung sedang terbuka” untuk aktif, dan “payung tertutup” jika avira dimatikan. Pastikan Icon Avira terbuka gambar payungnya.
avira tray
langkah selanjutnya adalah meng-update virus definition filenya, biasanya setiap seminggu sekali bahkan kurang dari seminggu, sudah keluar virus definitionnya yang baru.
antivir 350x247
Kita bisa update manual (jika kita tidak terhubung dengan koneksi internet), atau otomatis update jika komputer kita terhubung dengan koneksi internet.
manual update 350x246
Gambar Manual update
internet update 350x294
Gambar Live Update
Setelah itu kita bisa scaning file-file yang ada dalam komputer kita atau yang akan kita copy kedalam hardisk kita terlebih dahulu.

Kelemahan untuk Free Personal

  1. Untuk Avira AntiVir Personal yang dipakai pada komputer pribadi :
    Setiap tahun harus kita update antivirus enginenya, yang untungnya masih tersedia free lewat web avira entah seterusnya atau sampai kapan.
  2. Tidak tersedia untuk anti spywarenya, anda bisa gunakan alternatif software pencegah spyware buatan pihak yang lain. Lain waktu bisa kita sharingkan untuk Free program pencegah spyware seperti spybot & destroy yang lumayan ampuh untuk mencegah spyware atau anda bisa seaching lewat internet.
Demikian review saya semoga bermanfaat.


Sumber : www.sejutablog.com

2 comments: